Alasan Mengapa Sistem Manajemen Gudang Sangat Penting Diterapkan

Manajemen gudang adalah faktor penting kelancaran keluar masuknya barang yang dijual. Gudang yang tidak memiliki manajemen yang baik akan tampak berantakan dan menyulitkan proses keluar masuk barang. Kegiatan utama dari manajemen gudang adalah memantau pergerakan barang di rak gudang, memastikan barang tersebut tetap lengkap, tidak mengalami kecacatan atau kerusakan, dan tidak mengalami selisih antara barang masuk dan barang yang terjual. Oleh karena itu, di sinilah pentingnya ketelitian dan kecermatan manajemen gudang. Staff pekerja manajemen gudang haruslah orang-orang yang teliti, tidak mudah ceroboh, serta mematuhi peraturan yang diterapkan di gudang.

Lantas mengapa manajemen gudang ini sangat penting? Bukankah dengan merapikan barang di dalam gudang akan membantu kelancaran keluar masuknya barang yang dijual?

Jika gudang hanya terdiri atas beberapa jenis barang, maka hal tersebut tidak jadi masalah. Lantas bagaimana jika gudang tersebut memiliki banyak sekali jenis barang, seperti yang dijual di bisnis ritel? Maka fungsi manajemen gudang adalah meminimalisir risiko terkait kesalahan inventaris dalam gudang. Apalagi jika sebuah perusahaan memiliki beberapa gudang sekaligus, maka mereka membutuhkan manajemen yang rapi. Maka inilah fungsi sistem manajemen gudang :

– Lebih cepat memenuhi permintaan pelanggan
Manajemen gudang memastikan stok barang tersedia sesuai permintaan. Biasanya pelanggan memiliki permintaan dadakan dalam jumlah yang banyak. Dengan adanya manajemen gudang, maka kita dapat memastikan berapa jumlah barang yang tersedia dan jika mengalami kekurangan, dapat dipenuhi dengan cepat.

– Menentukan ketersediaan stok secara otomatis
Tata letak gudang yang baik menentukan seberapa cepat barang tersebut dapat diambil dan dikirim. Petugas tidak perlu memastikan berulang-ulang mengenai keberadaan barang sebab sistem manajemen gudang dapat memastikan stok sesuai bentuk dan ruang penyimpanan untuk dikelola dengan lebih baik.

– Dapat melakukan re-order tepat waktu
Stok yang tersebar di berbagai lokasi akan menyulitkan penentuan kapan harus re-order. Dengan adanya sistem manajemen gudang maka jumlah stok dapat terus terpantai sehingga manajer dapat menghubungi supplier jika stoknya kurang. Selain itu, sistem manajemen gudang dapat memastikan barang-barang terbengkalai akibat penjualan yang kurang lancar sehingga dapat dipindahkan ke lokasi lainnya sesuai dengan kriteria.